KKM = Ponzi Scheme?

Balipost 2 hari terakhir ini sedang marak dengan berita penggerebekan yang dilakukan oleh pihak kepolisian ke Koperasi Karangasem Membangun (KKM). Sejauh pengetahuan saya KKM ini adalah sebuah institusi (saya kurang tau apakah dia ini Bank ato Koperasi) yang konon katanya bisa memberikan profit 50% dan bisa diambil 3x dalam setahun. Jadi anda bisa menyerahkan 300 juta kepada KKM dan anda akan mendapatkan 450 juta yang bisa diambil dalam 3x cicilan. Sungguh tawaran yang menggiurkan!!!

Ga perlu kerja apa – apa tapi bisa mendapatkan 150 juta setaun. Semua orang pasti langsung tergiur dengan tawaran seperti ini. Saya sebenarnya kurang tau juga darimana KKM bisa mendapatkan dana sebanyak itu dalam jangka waktu setahun. Mungkinkah mereka menggunakan dukun yang (KONON KATANYA) bisa melipat gandakan uang anda. Atau malah mereka punya perusahaan percetakan uang palsu yah. Well, to be honest, semenjak pertama kali teman saya si Nengock menceritakan tentang hal ini, saya sudah langsung skeptis saja bawaannya (sama seperti sikap skeptis saya terhadap MLM, Forex, etc out there). Bukannya apa – apa seh ya, kalo sesuatu itu looks too good to be true, then most of the time it’s not true.

Mana mungkin dengan uang 300 juta, anda pasti akan mendapatkan profit 150 juta. Well, mungkin bisa saja seh kalo anda mau bermain saham yang fluktuasinya tinggi seperti saham Citigroup (NYSE: C). Tapi selain mendapatkan profit, anda mungkin juga akan mendapatkan serangan jantung karena fluktuasinya yang parah. So, tidak ada itu cerita hanya dengan menyerahkan uang 300 juta anda akan mendapatkan untung 150 juta setahun.

Setelah saya melakukan sedikit baca – baca di internet, saya berpikiran mungkin skema KKM ini mirip dengan skema Ponzi.

Ponzi canvassed friends and associates to back his scheme, offering a 50% return on investment in 45 days.

Terdengan mirip dengan skemanya KKM bukan?

Sepertinya pemerintah harus memberikan edukasi ke masyarakat dan memantau lembaga – lembaga keuangan seperti ini untuk melindungi masyarakat ke depannya. Disini, FBI sudah mencantumkan di websitenya contoh – contoh scam yang biasa dilakukan oleh orang – orang tidak bertanggung jawab.

Akhir kata, kalo mau make a lot of money, you better work your ass off.

10 thoughts on “KKM = Ponzi Scheme?

  1. patut pak man ‘work your ass off’ , jaman seperti sekarang masyarakat diiming imingi seperti itu pasti ga tahan pak man, makanya lebih baik nabung di LPD, bangun desa sendiri,, hidup LPD !!!
    *tumben mai puk😛

  2. bli win,

    diambil postingan ini untuk balebengong ya. kami butuh tulisan2 seperti ini untuk membuka mata soal KKM. kamu tau sndiri kan suulit sekali meyakinkan bahwa KKM ini berbahaya. hari ini bahkan para colecting dana masyarakat akan demo besar2an lagi minta KKM dibuka.

  3. @bli moron coder: hehehehe nak mula harus kerja keras bli. pis sing ada ulung uli langite hehehe …

    @bli made: buih kaden nak nyen ne nok. ternyata gurun tiange …

    @mbok lode: rarisang mbok hehehehe … semoga bermanfaat🙂

  4. lam kenal bli…

    masyarakat sekarang harus lebih pintar. Tragedi KKM ini sudah cukup menjadi pelajaran. Jangan percaya pada hal2 yang terlalu gampangan. Apalagi gampang mencari duit di jaman susah begini. Awas Penipuan…

  5. Ini kayaknya modus penipuan baru kali,,kalau modus2 lama sudah ketauhan banyak orang kayak;penyaluran TKI keluar negeri sudah lumbrah kali,dan saya juga kebetulan sedang meneliti mudus baru,,,nih masih kabar kabari.

  6. Pingback: Ketika Semuanya Buta … « -My Thoughts-

  7. betulnya sih OK..OK saja asal tahu kapan keluarnya, maksudnya kalau sudah dapat play 2 X, uang pokoknya diambil dan yang dipakai maen 2 ya hasil playnya.. kalau sampai hutang seh…ya musibah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s