Random Thought

Wah sudah lama sekali ga post apa – apa di blog yang ini. Terakhir kali posting pas saya bilang saya hiatus dulu dari dunia perblogan hehehe … Tapi saya putuskan hari ini untuk kembali lagi dan berusaha menulis hal – hal yang tidak berguna dan tidak jelas lagi. Semua berkat para penggemar setia, fans berat dan pembaca saya tercinta (sok selebritis dikit donk hehehe …)

Sebenarnya alasan saya untuk cuti sementara adalah untuk mengantisisapi kesibukan saya selama summer yang akan datang ini. Tapi sepertinya summer ini tidak sibuk – sibuk amat kayaknya, jadi ya saya putuskan untuk kembali menulis saja. Lagipula tangan saya sudah gatal pengen nulis lagi setelah beberapa kali nulis hal – hal yang sifatnya amat sangat teknis sekali di tempat lain huehehehe …

Random post saya hari ini, closely related ke milisnya Bali Blogger community. Ada beberapa topik yang menurut saya layak untuk saya tulis. So without further delays, here it is ….

Pertama, sapa seh Sandra Dewi itu? Saya sama sekali ga kenal yang namanya Sandra Dewi ini, tapi kok bisa – bisanya namanya muncul di milisnya Bali Blogger? If she’s an artist, dia itu artis apa? Kenapa dia kayaknya terkenal buanget yaks. Tolong donk, ada yang mau ngejelasin ga? Soale saya udah kirim email ke milis tapi ga ada jawaban sama sekali. So, please enlighten on her …

Kedua, masalah soal ujian yang bocor ke murid – murid dan adanya sinyalemen yang membocorkan adalah oknum guru – guru. Ehm … daaaaasssssaaaarrrr kamfreeettt kalian semua ehm … Kalo menurut saya pribadi, hal ini terjadi karena kurangnya pandangan bahwa sebuah ujian itu adalah sebuah proses evaluasi dari apa yang sudah dipelajari selama ini. Itu untuk mengetahui, what you’re good at and what you’re not good at.

Berusahalah memandang ujian itu bukan cuman masalah nilai saja. Berusahalah untuk mengukur dan being realistis tentang diri sendiri. Kalo kamu memang not good ya not good aja, ga usah maksa – maksa dengan mencari bocoran jawaban kemana – mana. Itu dari sisi murid, kalo dari sisi sekolah, please donk bapak – bapak dan ibu – ibu guru tercinta, jangan menganggap murid – murid itu sebagai komoditas untuk meningkatkan nama sekolah di masyarakat. You’re killing the society, you know that. Memang bagus kalo murid – murid bisa dapat nilai yang bagus – bagus, tapi kalo nilainya itu bukan murni hasil kerja dia, kan kasian juga murid – muridnya nanti.

Contohnya ya, kasus yang pernah mencuat adalah kasus mark up nilai di SMU Negeri 4 Denpasar dulu. Seandainya saja kasus ini tidak pernah terbongkar dan semua murid yang di-mark up nilainya itu bisa lolos PMDK Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, kebayang ga apa yang bisa terjadi nantinya. Yang saya bisa bayangkan adalah nantinya kalo murid yang di-mark up ini tidak kuat mengikuti kuliah dan mendapat nilai yang tidak bagus terus, maka dosen – dosen akan mencurigai lulusan SMA Negeri 4 Denpasar dan mungkin tidak akan mau menerima lulusan SMA Negeri 4 Denpasar lagi. Murid – muridnya juga kasian donk kalo sampe drop out padahal udah bayar mahal – mahal.

Nah, kalo kasus yang ekstrem dan murid yang not good ini berusaha dengan berbagai cara  (tidak jujur) untuk bisa lulus dari Fakultas Kedokteran, efeknya adalah lulusan yang kurang mak crott. Mereka ini nantinya akan susah mencari kerjaan padahal udah susah – susah kuliah dan bayar mahal – mahal. Lagipula, kalo guru – guru sampe nyebarin jawaban gitu, kasian ama murid – murid yang jujur dan udah berusaha keras. Mereka ngerasa ga dihargai dan memberikan bad education buat mereka.

Biarkanlah semuanya berjalan secara natural sajalah. Hidup itu keras dan penuh perjuangan. Kalo kamu ga bekerja dan berjuang keras, jangan berharap kamu bakalan sukses (kecuali ortu kamu kaya dan punya banyak kolega, yang ini beda lagi kasusnya)

Sebenarnya pengen ngomentarin masalah harga minyak juga seh, tapi kayaknya segini aja cukuplah dulu huehehehehe …

19 thoughts on “Random Thought

  1. mumpung lagi bahas ginian.. pernah baca ini ga?

    http://romisatriawahono.net/2006/02/27/
    bagaimana-mahasiswa-ilmu-komputer-belajar-mengkritisi-kurikulum-dan-gaya-pendidikan-kita/

    keren nok bli! Harusnya bli membuat tulisan yang kurang lebih sama dengan topiknya.

    Btw, masalah kasus SMA 4 itu tahun kejadiannya pas 2001 bukan ya?😀 Engsap2 inget..

  2. Sandra Dewi? Pengen tau ky apa? coba kunjungi blog sayah, ntar ada foto yg terpampang disana, g jauh beda ama Sandra Dewi yg asli….😛
    Klo g mo repot, pengen liat lgsg yg asli, search aja di google.
    Emg kasian anak2 sekolah jaman sekarang (untuuuung gw dah lolos, eh lulus) mrk dinilai hny dari angka semata. Yg ga jelas jg drmana datangny, ada yg jujur, ada yg hasil maksiat.

    Makanya, GAK USAH SEKOLAH!! (eh, salah y… )

    he100x

  3. Met nge-blog lagi bli (nggaya ki).

    Sandra Dewi:
    Biasalah win, namanya jg orang kerjanya infotainment, pengen merambah dunia blog dia. Biar biar lebih terkenalll😀

  4. waaaaa welcome back win…beh akhirnya si buaya ngeblog lagi kekkekeke. udah lama ga nyari mangsa nih…mangsa pemikiran2 kritik sosialnya🙂

  5. yup, kasus yang di sma 4 itu kayaknya terjadi pas seangkatan lulusan angkatan saya juga,

    tapi saya bukan lulusan sma 4 lho, saya lulusan sma 7 dps…

    murni, huhui…

  6. hahahhahaha aku yang bawa Sandra Dewi ke BBC. Artis top tuh win.. Maap, soalnya aku denger di BBC kekurangan cewek, makanya aku posting Sandra Dewi hehehehehehe..
    Itu lingkaran setan bli.. guru ditekan kepsek, kepsek ditekan diknas, diknas sapa yang nekan yah?? eh orang tua murid deh.. Jadi jangan guru aja yang disalahkan.. salahkan sistem donk bli..
    Wah klo yang mengerikannya sih, klo sampe jadi dokter, trz ngerawat aku…Bisa2 kena mal praktek win….
    takuuuuut….

  7. @bli sur: belum baca bli. hehehehe ga berani terlalu vulgar membahas pendidikan disini, soale saya juga belum begitu paham hehehe …

    @mbok maria: halah dasar mbok maria ini nok. gimana kabarne mbok? masih sibuk ya dengan perusahaannya? kapan mau berangkat ke amrik mbok?

    @bli sur: sudah saya release dari si akismet bli …

    @kak guzand: dia teh artis apaan seh? sinetron juga ya?

    @bli devari: kangen bli. gatal – gatal ni tangan pengen nulis …

  8. @kak hangga: ada kok kak … ga kemana – mana

    @bli anton: gatal ni tangan bli hehehehe …

    @bli erick: wah namanya juga artis bli. yen sing jegeg sing kanggo …

    @kak ghozan: hehehehe … libur dulu lah bli sebentar …

    @bli wir: hehehehehe itu oknum bp katanya …

  9. @kak okta: pacarnya sapa namanya kak hehehehehe …

    @bli yanartana: hehehehe semoga saja bisa menyadarkan bli hehehehe …

    @bli proletar: iya puk bli. maaf salah tiange to. maksudne saya dengan guru to bukan cuman guru yang ngajar, tapi semua komponen di sekolah yang menjadikan murid sebagai komoditas. my bad to bli hehehehehe …

  10. Beh, sori mara memaca topik tenenan… ;))

    Tahun kuda kasus mark up nilai di SMU Negeri 4 Denpasar to pak De ? raga kok sing taen ningeh orta ne ya ? ;)))

  11. @bli risthok: angkatan tiange bli. masuk ke kuliah tahun 2001 nika. semua PMDK kedokteran Unud dari SMA 4 dibatalkan waktu itu. semua ne yang udah dapat PMDK, ngeling gerung – gerung hahaha …

  12. huuft,, sma 4 ga seburuk itu skarang !!
    saya anak sma 4, jd sdiih bacanya.
    trnyata skuLah ku dihina bgt ..
    hikz..
    kLo msLh jawaban biarin ajah Lha, yg mau nyontek ya udaa, yg ga mau yah kerja ajah ndirii..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s