Summer of Code 2008

Wah setelah sekian lama menunggu, akhirnya hari ini students yang diterima dan (akan) mendapat grant dari Google sebesar $4,500 diumumkan. Menurut rilis resmi dari Google dari 7,100 application 1,125 diantaranya diterima dan (akan) diberi grant tersebut. Students yang mengajukan application diperkirakan berasal dari 1,300 colleges dan universities yang tersebar di 98 negara di seluruh dunia. Para students developer ini akan membantu kurang lebih 175 project open source dalam mengimplementasikan features baru atau memperbaiki bugs yang ada di project itu.

Dan berita yang lebih menggembirakan lagi adalah salah satu teman kuliah saya dulu berhasil masuk menjadi salah satu students developer itu. Wah, selamat ya Sammy. Semoga berhasil dengan project-nya ya. Jangan lupa ntar setengah dari dananya ditransfer ke rekening saya yah huehehehehe … Saya masih menunggu apakah masih ada orang Indonesia yang lain yang diterima ato tidak. Semoga saja masih banyak orang Indonesia yang diterima yang belum saya ketahui. Tahun lalu yang diterima ada 3 orang, maka saya berharap tahun ini akan lebih banyak lagi students yang diterima.

Sayangnya saya juga mendengar ada dua orang teman saya juga yang tidak berhasil masuk menjadi salah satu student developer. Semangat ya temans, masih ada kesempatan kok taun depan. Minta contoh – contoh proposal aja dari Sammy yang sudah berhasil masuk dan coba lagi taun depan.

Salah satu project yang sangat menarik yang ada di list Google tersebut adalah OpenMRS.

OpenMRS is an application which enables design of a customized medical records system with no programming knowledge (although medical and systems analysis knowledge is required). It is a common framework upon which medical informatics efforts in developing countries can be built.

Berdasarkan halaman faq dari OpenMRS, aplikasi ini sudah digunakan diimplementasikan di banyak negara – negara berkembang terutama di Afrika sana. Implementasi di Afrika ini terutama untuk membantu memantau pasien HIV / AIDS dan pasien yang terlilit poverty disana melalui berbagai macam organisasi yang membantu menanggulangi masalah ini seperti Millenium Villages Project dan FACES.

Mungkin OpenMRS ini juga bisa diimplementasikan di rumah sakit – rumah sakit Indonesia. Dengan menggunakan OpenMRS, suatu saat mungkin Indonesia bisa memiliki “satu dabatase” yang berisi catatan kesehatan tiap orang. Kenapa catatan kesehatan (medical record) ini menjadi sangat penting bagi orang yang berkecimpung di dunia kesehatan? Salah satu alasan yang menurut saya membuat medical record itu sangat penting adalah untuk mencegah obat yang salah diberikan kepada seorang pasien, mencegah obat yang memiliki adverse reaction being prescribe to a patient that might deteriorate patient conditions (maaf saya bingung bahasa indonya apa ini) atau mungkin saja seorang pasien yang tidak diketahui memiliki alergi terhadap obat tertentu malah diberikan obat itu.

Tapi saat ini di Indonesia, kita belum sampai pada kesadaran tentang pentingnya menyimpan medical record kita. Ah, mungkin suatu saat nanti bisa …

Selanjutnya silahkan baca saja resource berikut ini:

Sharing knowledge is power – Mincom Green Screen

*mungkin dalam beberapa hari ke depan saya sudah harus migrasi blog saya ini*

20 thoughts on “Summer of Code 2008

  1. @bli proletar: kan ga perlu beli bli. wong barang open source kok. kalo punya sdm yang siap mengelola, cukup download dan install aja kok. saya yakin kita punya kok sdm-nya …

    @bli nengock: yah … selamat datang kembali kesadaran.

    @kak hangga: huehehehehe … sama – sama gaptek kok kak. mari sama – sama belajar saja hehehehe …

  2. @kak guzand: benar tu … $4,500 dikasiin ke aku aja padahal huehehehehe …

    @bli dani: care2x udah ga aktif kayaknya pengembangannya hehehehehe … ga tau juga seh. soalnya tadi saya cek, release terakhir mereka 2004-10-02 hehehehehehe …

    @kak sammy: selamat ya … saya ga ikutan kok huehehehehe … tapi namanya benar – benar mirip ya …

    @mbak juliach: sudah saya forward infonya … semoga sudah ada yang kasi info ke mbak …

    @bli paramarta: hehehehehe …

    @bli ick: mau ya bli huehehehehehe …

    @bli anton: ga ikutan ai bli … males dan capek …

    @bli ghozan: terima kasih bli … tapi saya ga ikutan kok bli …

  3. Wah…WIn titip pesen buat mbak Juliach…di lovina ada villa bagus..namanya Villa Rumah Cantik..( bisa liat view bagus deh….)

  4. @mbok ike: huehehehehe … mlali gen ke umah ne mbok juliach mbok sekalian beramah tamah mbok

    @bli rama: huehehehehe … saya ngedukung bli gen biar bisa ikutan juga. iya nok bli, minggu depan penentuan ne.

Leave a Reply

