Fenomena Adsense

Mister X: Kal bisnis AdSense cang … (Mau bisnis AdSense saya)

Miss Y: Mbok kal daftar AdSense ne (Mbak mau daftar AdSense ni)

Tidak sangka saya ternyata fenomena adsensing sudah merambah luas di Bali tercinta. Hari ini saya diajak ngobrol oleh salah satu teman yang pernah saya ajak bekerja di perusahaan kecil di daerah Kuta. Ternyata dia lagi coba – coba ikutan jadi adsenser dan sekarang sedang register account ke mbah Google. Kayaknya banyak orang tergiur dengan pundi – pundi dollar yang ditawarkan oleh mbah Google kepada para adsenser ini. Buat mbah Google sendiri share yang diberikan tidaklah besar tapi buat para adsenser share ini cukup besar, apalagi kalo dikonversi ke rupiah hehehehe … Google tidak me-reveal percentage yang didapat oleh para adsenser dari total nilai yang diberikan oleh publisher. Tapi pasti jauh lebih besar untuk Google. Karena itulah Google mencintai para adsenser (asal ga curang aja, ntar dipecat lo ama Google), karena mereka mendapatkan tempat untuk beriklan yang “almost gratis“.

Orang yang awam dengan dunia adsensing pasti bakalan mengira gampang banget menjadi adsenser. Cukup register account, terus pasang iklan di website dan tunggu deh orang yang bakalan meng-click iklan – iklan itu. Well, ini memang partly benar. Tapi apakah hanya dengan memasang saja orang bakalan mau meng-click / mem-view? Ato lebih jauh lagi, kalo web kita ga ada orang yang tau, gimana bisa orang bakalan meng-click / mem-view iklan kita? Disini (mungkin seh, saya juga ga tau) search engine optimizations berperan besar dalam meningkatkan rank dari web kita pada hasil searching seseorang. Logikanya (mungkin) makin tinggi rank web kita di search result makin besar kemungkinan orang bakalan mem-view web kita dan semakin besar pula peluang orang untuk meng-click / mem-view iklan kita.

Setelah berhasil menempatkan blog kita di posisi yang strategis di search result, maka langkah berikutnya adalah bagaimana caranya menjaga biar website kita trafficnya tetap tinggi. Kita harus mempromote web kita ke social bookmarking seperti del.icio.us ato digg. Rasanya masih banyak hal yang harus dilakukan yang sayapun tidak ketahui. Untuk belajar lebih lanjut silakan hubungi orang – orang yang mengerti tentang hal ini. Mungkin bisa contact bang Cosa, ato bli Baladika ato Bli Tut De (kalo saya tidak salah mengenali dia, Tut De ini teman SMP saya dulu hehehe …) ato bli Saylow. Sebenarnya masih banyak juga online ads selain Google AdSense seperti contohnya AdBrite.

Well, there ain’t no such thing as a free lunch in the world. Making money from Google Adsense is not that easy. Yeah, its not that easy but what good things come easy in life? If work hard on it surely you’ll achieve something out of it. As for me, I’m not good at adsensing nor good at programming, that’s why I’m going to be a peternak sapi, babi dan ayam.

 

23 thoughts on “Fenomena Adsense

  1. saya tidak pernah berharap menjadi kaya dengan menjadi adsenser.
    tetapi get a lot of fun from it, udah dirasakan sejak lama.

    beberapa lensa saya hasil adsense.🙂

    yang penting websites anda growing naturally aja, semua juga akan fine2 aja. tapi kalau memang situs diperuntukkan untuk adsense aja, dengan content asal2an (baca: sampah) ya… umurnya gak bakal lama, salah-salah di banned ama om goog.

  2. @bang indra: benar bang. asal berusaha terus n jujur pasti berhasil🙂

    @bli 21win: wah wah mantap sekali penghasilan bli dari adsense ya🙂 lensa kan mahal – mahal bli hehehehe … semua pasti bisa asal usaha kan bli?

    @bang cosa: waduh … ampun deh bang🙂 damai – damai … saya sampe men-summon bang cosa di blog saya. saya masih belajar juga ternaknya😛 tukeran aja ya bang. saya diajarin cara adsensing ya hehehehehe …🙂

  3. Saya pribadi ngerasa adsense bukan dunia saya kebetulan saya belog dengan dunia adsense, jadi saya manfaatin aja dunia IT ini untuk lahan jualan saya/ pasar maya, saya ikut alibaba.com yang berkantor pusat dihongkong dan buka beberapa blog yang menjajakan barang jualan saya, yah hasilnya sudah dapat saya rasakan yaitu mendapat buyer besar dari berbagai negara, bahkan ada beberapa konsorsium yang menghubungi untuk ikut pameran mereka. jadi asal kita mau berusaha dan fokus pasti bisa berhasil

  4. @mbok widi: wah mantap sekali mbok. benar juga seh mbok, banyak sekali celah yang ada asal kita bisa memanfaatkan saja secara maksimal🙂 kalo saya seh tetap fokus dengan peternakan saya🙂

  5. As for me, I’m not good at adsensing nor good at programming, that’s why I’m going to be a peternak sapi, babi dan ayam.

    Setujuuuuu, Pak Win !!!
    Ngadenang ngadas sampi ajak celeng. Ngadas nang satus gen, jeg tenang-tenang gen jumah sambil ngebong-bong siap.
    ha ha ha….

  6. sayangnya google adsense nda boleh dipasang oleh pengguna gratisan WP.com 😕 tapi kalau pengguna WP.org boleh, kalau masih dipasang setahu saya suka dapat peringatan 😈
    Tapi untuk pengguna blogspot sudah pasti…

  7. @bli artana: xixixixi saya juga nda bisa bli. bang cosa yang diatas to ahlinya. kalo mau belajar, kunjungi rumahnya saja bli🙂

    @bli devari: bajak laut sing dadi ikut – ikutan jadi adsenser. merebut pasar orang namanya itu hahahaha …

    @bli saylow: amppuuun bli. saya tidak bermaksud memanggil bli melalui posting saya hahahahaha …

    @bli sur: yoi bli. saya kerja di dagang sate sebelah perusahaan bli sur. saya tukang kipas sate ne🙂

    @pak jun: beh, pak jun tumben simpang ring blog tiange puk. punapi gatrane niki pak? sibuk nggih?

    @bli hangga: hehehehe … begitu kira – kira setau saya -mode sok tau-

    @mbok binchoutan: xixixixixi mbak juga adsenser ya? ato ga? salam kenal aja mbak🙂

    @bli arya: mau ikutan jadi adsenser bli? ajarin saya nanti ya🙂

  8. aiiiih jadi malu jadi inspirasi nya Winyo😛 btw nama Winyo udah bayar royalti belum ke sayah? (*segala cara digunakan untuk mencari uang hahahaha)

  9. @bli brokencode: wah sekarang adsense makin sulit ya bli? ajarin donk caranya🙂

    @kak guzand: tertarik ikutan ga kak?

    @mbok arie: waduh, jangan minta diajarin sama saya mbok. sama bli baladika to, ato bang cosa, ato bli brokencode🙂

    @bli baladika: hehehehehehe … saya juga mau ngajarin beternak sama cewek jegeg bli. ada yang mau ga ya?

    @mbok ayu: hehehehehe … belum dipatenkan mbok. jadi ga usah bayar royalti hehehehe …

  10. Pingback: How to Make Fast Money « -My Thoughts-

  11. Pingback: Cara Cepat Membuat Uang « -My Thoughts-

Leave a Reply

